Festival
Roemah Martha Tilaar


Festival Imlek/
Cap Go Meh


Festival Cap Go Meh pertama diadakan pada tahun 2015. Awalnya dalam bentuk Cultural Mini Tour dengan memanfaatkan tradisi sembahan yang sesaji imlek yang rutin diadakan oleh Keluarga Besar Liem Siauw Lam. Melihat respon yang positif dari masyarakat Gombong, dalam dua tahun terakhir paket tour tersebut kemudian diubah dalam format festival. Tujuan Festival bukan semata-mata mengenalkan budaya Tionghoa sebagai salah satu pembentuk budaya nusantara, namun menggugah penghargaan masyarakat terhadap keragaman bangsa.

Festival Dolanan
Tradisional


Salah satu aspek pengabdian Roemah Martha Tilaar adalah menggugah kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda terhadap kelestarian lingkungan serta berbagai warisan budaya lokal. Festival Dolanan hadir salah satunya untuk mencapai tujuan tersebut. Titik berat Festival Dolanan adalah memberikan pengalaman spesifik yang nyata dan tertanam pada anak. Dengan demikian anak sungguh menjadi pelaku utama kegiatan. Festival Dolanan biasanya diselenggarakan pada bulan April berdekatan dengan Hari Bumi.

Pesta
Kriya


Pesta Kriya merupakan kegiatan kolaboratif antara Roemah Martha Tilaar dengan Forum UMKM Online Kebumen. Pesta Kriya bertujuan mengenalkan produk-produk usaha skala kecil dan menengah di Kabupaten Kebumen kepada masyarakat luas. Konsep kegiatan adalah membuat sebuah pameran yang memadukan unsur promosi, edukasi dan rekreasi. Karena itu setiap peserta pameran diminta tidak hanya ‘pindah lapak’ tapi aktif membuka komunikasi, berbagi pengetahuan, membangun jejaring juga meningkatkan citra merek produk mereka kepada para pengunjung.