Tour Imlek Mini 2023

Tahun baru imlek atau lunar new year akan diperingati pada 22 Januari 2023. Acara Imlek sendiri merupakan acara besar bagi masyarakat Tionghoa. Imlek tahun 2023 akan menjadi tahun bagi shio kelinci dengan elemen air. Sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2023 ini Roemah Martha Tilaar Gombong akan kembali menggelar acara perkenalan budaya yang bertajuk ‘mini tour imlek’. Tur imlek adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Roemah Martha Tilaar yang dikenal sebagai rumah budaya dan rumah berkegiatan bagi para komunitas lokal.

 

Tujuan dari tur imlek sendiri yaitu untuk memperkenalkan tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut tahun baru. Proses perkenalan budaya ini dimulai dari pengenalan alat dan barang yang dipakai dalam sembahyang, makna dari setiap hidangan yang disajikan, serta tata cara sembahyang imlek. Peserta pun akan diajak dalam sesi diskusi terkait acara sembahyang yang baru saja disaksikan. Nantinya dalam sesi ini peserta dapat menanyakan berbagai hal terkait dengan imlek kepada para narasumber. Tak hanya itu para peserta juga akan diajak berjalan-jalan ke klenteng Hok Tek Bio Gombong untuk mengenal lebih dekat seluk-beluk tempat ibadah bagi para masyarakat Tionghoa.  Klenteng Hok Tek Bio dapat ditemuh dengan berjalan kaki dan terletak tidak jauh dari Roemah Martha Tilaar.

 

Tak hanya seputar sembahyang, peserta akan diperkenalkan pada ornamen-ornamen yang menjadi ciri khas imlek yang biasanya berwarna merah terang dipadukan dengan warna emas, sebagai contoh seperti lampion yang biasa dipasang di rumah-rumah atau klenteng. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan dipilihnya warna merah dan dipasangnya beberapa ornamen yang membuat setiap perayaan imlek selalu meriah. Selain ornamen, adapula barongsai dan liong yang sering dipentaskan saat imlek. Tentenya hal tersebut mengundang penasaran ada cerita apakah di balik pementasan barongsai dan liong saat imlek.

 

Semua rasa penasaran akan terjawab dalam mini tur imlek di Roemah Martha Tilaar yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2023 pukul 13.00 Wib hingga selesai. Mini tur ini terbuka untuk umum bagi para masyarakat yang ingin mengenal budaya Tionghoa lebih dekat dan tidak terbatas bagi usia tertentu. Anak-anak, remaja, bahkan orang tua dapat ikut serta dalam tur tersebut. Dengan kontribusi Rp 30.000,-, selain mendapatkan pengetahuan dan kegiatan positif, nantinya setiap peserta juga dapat mencicipi salah satu hidangan sehat khas imlek yang telah disediakan. Informasi selengkapnya dan pendaftaran peserta dapat menghubungi nomor +6289-6196-28228 atau datang langsung ke Roemah Martha Tilaar yang beralamat di Jalan Sempor Lama nomor 28 Gombong.

Artikel lainnya