Hari Warisan Budaya, Festival Dolanan Anak Digelar

Gombong,(kebumen.sorot.co) Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong menggelar Festival Dolanan Tradisional dengan meriah, Senin (24/4/2017) di halaman RMT. Festival yang digelar sejak pagi itu dimeriahkan dengan menampilkan berbagai pameran tradisional yang sebagian besar telah ditinggalkan oleh masyarakat.

Mengingat jarangnya event seperti itu, tak kurang dari ribuan peserta hadir dari berbagai daerah dan mengikuti permainan tradisional dengan didampingi salah satu relawan. Tak kurang 15 jenis permainan dihadirkan, diantaranya egrang, bekel, dakon, lompat tali, congklak, wayang dari Batang daun singkong, dan aneka permainan dengan janur. 

Manager RMT Sigit Tri Prabowo mengatakan, festival dolanan merupakan bentuk peringatan Hari Humi sekaligus Hari Warisan Budaya Internasional (International Heritage Day). Festival tersebut sengaja digelar untuk mengangkat berbagai permainan tradisional dengan cara mengingatkan kembali khususnya generasi muda terhadap permainan tradisional.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk bersahabat kembali dengan alam dan lingkungan melalui permainan tradisional ini," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, berbagai bentuk dolanan tradisional terbukti mampu membangun karakter anak yang kreatif dan kemampuan motorik anak. Selain itu, permainan tradisional memiliki tempat dan memiliki hubungan yang akrab dengan alam dan sesama.

"Harapan kita kegiatan ini agar mampu menjadi alternatif wahana pendidikan karakter anak sekaligus dalam mengikis dampak teknologi yang semakin menghilangkan kebersamaan antar sesama," jelasnya.

Sumber : Sorot Kebumen
lukman-hakim 
Selasa, 25 April 2017 09:37:00
WIB


http://kebumen.sorot.co/berita-1666-hari-warisan-budaya-festival-dolanan-anak-digelar.html